Tips Membeli Rumah Bekas yang Tepat dan Sukses

Membeli rumah bekas memang tidak semudah yang kita bayangkan. Kali ini akan dijelaskan beberapa tips untuk membeli rumah bekas yang dapat menguntungkan anda. Secara kasat mata membeli rumah bekas sama halnya anda membeli rumah baru. Untuk membeli rumah bekas memang diperlukan waktu dalam mempertimbangkan agar sesuai dengan anda.

Tips Membeli Rumah Bekas yang Tepat dan Sukses

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips dalam membeli rumah bekas sebelum anda mengambil keputusan.

  1. Jumlah Anggaran

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memastikan kalau kondisi keuangan anda mulai dari sumber pemasukan dan kewajiban lainnya. mengingat selain anda memerlukan dana untuk membeli rumah, maka anda juga membutuhkan biaya untuk melakukan renovasi. Belum lagi biaya lainnya yang tidak terduga, maka harus diperhitungkan secara matang.

  1. Memastikan dokumen rumah lengkap

Ketika anda memiliki rencana untuk menggunakan KPR dari bank untuk membeli rumah maka anda harus memastikan kalau rumah tersebut memiliki dokumen yang lengkap. Dokumen tersebut seperti sertifikat Hak milik dan izin mendirikan bangunan. Setelah dokumen lengkap, silahkan cek apakah dokumen rumah tersebut bermasalah atau tidak. proses pengecekan ini dapat anda lakukan di kantor pertanahan. Jadi ketika ditemukan masalah seperti perbedaan nama yang tertulis pada KTP dan SHM maka anda dapat segera mempertanyakannya.

  1. Memeriksa kondisi rumah

Ketika anda memutuskan untuk membeli rumah bekas yang sudah pernah ditempati memang memiliki resiko yang lebih besar dalam masalah kualitas bangunan. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan membawa orang yang memang sudah paham betul mengenai kondisi bangunan, seperti pak tukang atau kontraktor. Silahkan memeriksa kondisi struktur bangunan, mulai dari dinding, atap dan lantai. Pastikan kondisi bangunan aman digunakan dalam jangka waktu pulahan tahun ke depan. Tak lupa untuk memeriksa sirkulasi udara dan WC yang lancar.

  1. Rumah impian

Tentunya anda menginginkan rumah yang ideal bagi anda. walau membeli rumah bekas menjadi pilihan, setidaknya anda membeli rumah tersebut sesuai dengan kriteria anda. memiliki lokasi yang strategis, mudah dilalui dan lingkungan yang aman dan nyaman bagi keluarga.

Baca juga : 7 Apartemen Favorit di Jakarta Barat, Dekat Mall dan Strategis

  1. Menghitung biaya ekstra yang dikeluarkan

Selain ada biaya untuk pembelian rumah dan biaya renovasi maka akan ada biaya lainnya seperti:

  • Pajak penghasilan
  • Pengecekab sertifikat
  • Akta jual beli
  • Biaya balik nama
  • Biaya penerimaan negara bukan pajak
  1. Memberikan waktu sebelum deal

Ketika anda sudah menemukan rumah yang sesuai dengan impian anda dan anggaran, lebih baik luangkan waktu satu pekan sebelum melakukan penawaran. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan diri anda kalau rumah tersebut cocok untuk anda tinggali bersama keluarga dalam jangka panjang.

  1. Memperhatikan lokasi rumah

Pastikan kalau rumah yang akan anda beli sudah nyaman dan tidak terisolasi dari luar. Lokasi rumah juga menentukan harga jual rumah.